Umroh Januari 2021 | Rindu Baitullah

Umroh Januari 2021 – Setelah 7 bulan penutupan ibadah umroh karena Pandemi Virus Corona, per 4 Oktober 2020 ibadah umroh mulai kembali dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan. Umroh Tahap pertama ini hanya bisa diikuti oleh Penduduk Kerajaan Saudi Arabia dan ekspatriat yang memiliki izin tinggal di Saudi Arabia.

Umroh Januari 2021 – Umroh salah satu hal yang dirindukan oleh sebagian besar umat Islam. Kenapa? Umroh salah satu cara seorang muslim untuk mendekatkan diri pada Rabb nya. Umroh adalah ibadah yang dilaksanakan di Baitullah/ Ka’bah – Mekkah, tempat dimana seorang Hamba dekat dengan Rabb nya yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Menerima Taubat hamba-Nya.

Keutamaan Umroh

Terdapat beberapa keutamaan Umroh berdasarkan Hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. yaitu :

  • Umroh adalah Jihad sebagaimana Ibadah Haji

‘Aisyah Radhiallahu ‘anha berkata,

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ ».

“Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).

  • Menghapus Dosa di antara Dua Umroh

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

  • Umroh Menghilangkan Kefakiran dan Menghapus Dosa

Dari Abdullah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih).

thawaf-umroh
Umroh Januari 2021 - Thawaf

Cuaca / Iklim Mekkah Madinah Januari 2021

Kota Mekkah memiliki iklim gurun, berdasarkan Prakiraan cuaca bahwa bulan Januari Mekkah masih berada pada posisi musim dingin dengan suhu berkisar antara 30°C (tertinggi) dan 19°C (terendah).

Musim dingin biasanya dimulai di bulan November hingga Maret dengan puncak dimulai akhir Desember hingga Januari. Sedangkan musim panas dimulai di bulan April hingga Oktober dengan puncaknya mulai Juli. 

Sedangkan prakiraan cuaca Madinah Januari 2021 berkisar 24°C (tertinggi) dan 11°C (terendah). Suhu di kota Madinah lebih rendah dibandingkan Kota Mekkah.

Tips Umroh Januari 2021

Cuaca Saudi Arabia di bulan Januari termasuk puncak cuaca dingin dimana dinginnya Mekkah Madinah tidak sama dengan dinginnya Indonesia. Selain doa, berikut beberapa Tips dalam menghadapi Umroh Januari dalam cuaca dingin :

  • Lakukan kegiatan ringan setelah shalat subuh seperti lari pagi atau jalan-jalan kecil
  • Gunakan pakaian yang dapat melindungi tubuh dari udara dingin, seperti jaket atau dalaman baju kaos yang pas dibadan untuk mengurangi udara yang masuk ke badan. Selain jaket juga gunakan kaos kaki dan penutup kepala.
  • Gunakan krim pelembab untuk melindungi kulit dari kekeringan seperti vaseline. Terutama untuk area bibir agar tidak pecah-pecah.
  • Mandi dan minum dengan air hangat
  • Udara di Madinah lebih dingin dibanding Mekkah, upayakan berangkat mesjid jauh sebelum azan agar shalat dapat dilakukan didalam mesjid.
  • Jangan lupa bawa sajadah untuk menghindari dinginnya lantai mesjid.
  • Menyiapkan obat-obatan atau herbal dari Tanah Air seperti Tolak Angin, Minyak kayu putih atau obat/ herbal lainnya yang biasa digunakan dalam menghadapi dinginnya cuaca.

Update Info Umroh Januari 2021

Jadwal Umroh Januari 2021 dan Biaya Umroh Januari 2021

Tanggal Program Harga
     
     

Mewabahnya virus corona yang disebut juga Covid-19, menyebabkan ditutupnya pelaksanaan ibadah umroh sementara mulai 27 Februari 2020 sehingga banyak jamaah umroh yang sudah siap berangkat umroh tertunda.

Januari 2021 diharapkan covid sudah Allah angkat dari bumi ini dan Saudi kembali membuka pelaksanaan ibadah umroh kembali, yang tentunya dengan mengikuti standar protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak (social distancing). Selain itu jamaah umroh diwajibkan melaksanakan vaksin covid sebagaimana halnya diwajibkan suntik meningitis.

Bagi calon jamaah umroh harus sudah mempersiapkan fisik untuk melaksanakan ibadah umroh dalam keadaan prima dengan menjaga pola makan sehat, rutin melaksanakan olahraga ringan, rajin mencuci tangan, social distancing, Quranic Immunity (meningkatkan daya tahan tubuh melalui rutin membaca Al-quran setiap hari) dan menggunakan masker jika keluar rumah.

Kloter awal keberangkatan umroh pasca pandemi Covid, diutamakan jamaah yang gagal berangkat mulai jadwal keberangkatan 27 Februari 2020 yang datanya sudah masuk SISKOPATUH (Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umroh dan Haji Khusus), dan jamaah yang sudah melakukan pelunasan biaya umroh 1441H.

 

Konsultasi Umroh Hubungi :
Firza Fitri

HP : 0813.26.62.36.35 ( WA )